Tuesday, July 5, 2011

Teka-Teki Tahun 2012


Kalender Suku Aztec dan Maya
Foto di bawah adalah sebuah fakta unik, Kalender suku Aztec yang dipajang di Museo Nacional de Antropologia di Mexico City, Meksiko. Panjang asli adalah 12 meter berupa batu besar, diukir dipertengahan abad ke-15. Secara historis, nama Aztek pada basaltik monolit besar adalah Cuauhxicalli Eagle Bowl, tetapi secara universal dikenal sebagai Kalender Aztec atau Batu Matahari.
maya
Hal itu terjadi pada masa pemerintahan raja Aztec 6 di 1479 batu ini dipahat dan didedikasikan untuk dewa Aztec utama yaitu dewa matahari. Batu itu merupakan mitologis dan astronomi yang signifikans. Beratnya hampir 25 ton, memiliki diameter di bawah 12 kaki, dan tebal 3 kaki.
Pada 17 Desember 1760 batu itu ditemukan, terkubur di “Zocalo” alun-alun Mexico City. Para wakil raja Baru Spanyol pada saat itu adalah Joaquin don de Montserrat, Marquis dari Cruillas. Setelah itu tertanam di dinding menara Barat Katedral metropolitan sampai 1885. Pada waktu itu dipindahkan ke Museum nasional Arkeologi dan Sejarah menurut urutan, Presiden Republik, Jenderal Porfirio Diaz.
Kalender Aztec VS. Maya
Kalender Aztec pada dasarnya mirip dengan Maya. Siklus hari ritual itu disebut Tonalpohualli dan dibentuk seperti Tzolkin Maya, dengan model dari lingkaran angka 1 sampai 13 dengan lama siklus 20 hari, banyak dari mereka mirip dengan nama hari Maya.
Kalender Aztec paling signifikan berbeda dari Maya dalam sistem bilangan yang lebih primitif dan dengan cara yang kurang tepat merekam tanggal. Biasanya, mereka hanya mencatat hari dimana sebuah peristiwa terjadi dan nama tahun berjalan. Ini ambigu, sejak hari yang sama, yang ditetapkan dengan cara yang disebutkan di atas, dapat terjadi dua kali dalam setahun. Selain itu, tahun dari nama yang sama terulang kembali dengan interval 52 tahun, dan sejarah kolonial Spanyol sering tidak setuju untuk jangka waktu antara dua peristiwa.
Perbedaan lain dalam catatan hanya sebagian dijelaskan oleh fakta bahwa kota yang berbeda mulai tahun mereka dengan bulan yang berbeda. Korelasi yang paling banyak diterima dalam kalender Tenochtitlan dengan kalender Julian Kristen didasarkan pada pintu masuk ke kota Cortez bahwa pada tanggal 8 November 1519, dan pada penyerahan Cuauhtzmoc pada tanggal 13 Agustus 1521. Menurut korelasi ini, tanggal pertama adalah 8 hari Angin, hari kesembilan dari bulan Quecholli, dalam satu tahun 1 Reed, 13 tahun siklus.
Orang-orang Meksiko, karena semua Meso Amerika, percaya pada kehancuran periodik dan kembali ke penciptaan dunia. Kalender Stone di Museo Nacional de Antropologia (Museum Nasional Antropologi) di Mexico City melukiskan dalam panel sentral tanggal 4 Ollin, di mana mereka mengantisipasi bahwa dunia saat ini akan dihancurkan oleh gempa bumi, dan di dalamnya tanggal holocausts sebelumnya: 4 Tiger, 4 Angin, 4 Hujan, dan 4 Air.
Kalender Aztec mempunyai dua aspek yang berbeda waktu; tonalpohualli dan xiuhpohualli. Masing-masing sistem memiliki tujuan yang berbeda. The tonalpohualli adalah ‘menghitung hari. Ini berasal dari masyarakat kuno mengamati bahwa matahari, melintasi titik puncak dekat kota tertentu Maya dari Copán, setiap 260 hari. Jadi sistem pertama adalah diatur dalam siklus 260 hari. 260 hari ini kemudian dipecah menjadi 20 periode, dengan setiap periode mengandung 13 hari, disebut trecenas.
Setiap periode diberi nama sesuatu yang kemudian ditunjukkan oleh tanda hieroglif, dan masing-masing trecena diberi nomor 1-13. Setiap trecena juga diperkirakan memiliki dewa atau dewa yang memimpin masing-masing trecena tersebut. Suku Aztec menggunakan ini sebagai kalender keagamaan. Imam menggunakan kalender untuk menentukan hari keberuntungan untuk kegiatan seperti tanaman disemai, membangun rumah, dan pergi berperang.
Xiuhpohualli adalah menghitung tahun-tahun. Kalender ini disimpan pada hitungan matahari 365 hari. Ini juga merupakan kalender pertanian dan seremonial negara Aztec. Ini dibagi ke dalam 18 periode, dengan masing-masing periode berisi 20 hari, disebut veintenas.
Tahun matahari merupakan dasar untuk kalender sipil oleh yang Mexicas (Aztec) menentukan berbagai upacara dan ritual yang terkait dengan siklus pertanian. Kalender itu terdiri dari 18 bulan, masing-masing berlangsung 20 hari. Bulan-bulan dibagi menjadi empat minggu lima hari.Tahun ini dibulatkan ke 365 hari dengan penambahan dari lima hari-hari nemontemi (kosong), periode omnious ditandai dengan penghentian kegiatan normal dan pantang umum. Korelasi tanggal dalam kalender Gregorian tidak pasti, meskipun kebanyakan penulis di membubuhkan subjek awal tahun Aztek sampai Februari awal.
Banyak upacara keagamaan Aztec, termasuk sering korban manusia, dilakukan di Kuil Besar, terletak di pusat ibukota mereka Tenochtitlan.
Setiap 52 tahun tonalpohualli dan kalender xiuhpohualli akan disesuaikan. Hal ini ditandai apa yang dikenal sebagai sebuah abad Mesoamerika. Setiap satu abad ini ditandai oleh xiuhmolpilli, Tahun Baru Upacara Api.
Tonalpohualli (hitungan hari) adalah almanak suci Mexicas. Kalender ritual ini telah didaftarkan dalam buku tonalamatl hari, kertas kulit hijau atau kulit rusa sebagai naskah kuno dari mana seorang pastor mendasarkan horoskop dan hari menguntungkan dan tidak menguntungkan dari siklus. Almanak tahun terdiri dari 260 hari, yang masing-masing diberi tanggal oleh intermeshing salah satu dari 20 tanda hari, diwakili gylph grafik, dan sebuah nomor dari 1 to13, diwakili oleh titik sehingga tidak ada dua hari dalam siklus yang dapat membingungkan. Tahun almanak demikian terdiri dari 20 hari minggu 13, dengan minggu pertama yang dimulai pada 1-Buaya dan berakhir pada 13-Reed, pada minggu kedua berjalan dari 1-Ocelot sampai 13-Kematian Kepala dan seterusnya. Seorang dewa atau dewi dipercaya untuk memimpin setiap tanda hari.
Kalender Maya
Peradaban Maya Classic adalah unik dan ada waktu untuk segala sesuatu dan semuanya itu terjadi dalam waktu. Para imam bisa menafsirkan langit dan kalender. Akibatnya mereka bisa mengontrol kegiatan rakyat sehari-hari. Mengetahui kapan harus menanam, kapan harus panen, hujan dan musim kering, dll total memberi mereka kekuatan dan kontrol. Pemahaman mereka waktu, musim, dan siklus itu sangat baik.
misteri
Maya mengerti Kalender 17 berbeda berdasarkan Cosmos. Beberapa kalender kembali sejauh sepuluh juta tahun dan sangat sulit dihitung, maka Anda butuhkan seorang astronom, astrolog, ahli geologi, dan seorang matematikawan untuk bekerja membuat perhitungan. Mereka juga membuat tabel memprediksi gerhana dan orbit planet Venus.
Kalender yang paling penting untuk makhluk bumi adalah Haab, di Tun-UC dan Tzolk’in. The Tzolk’in adalah yang paling penting dan paling mempengaruhi.
Haab didasarkan pada siklus bumi. Memiliki 360 + 5 hari, sejumlah 365 hari. Haab menggunakan 18 bulan dengan 20 hari di setiap bulan. Ada bulan 19 disebut Vayeb dan menggunakan 5 hari ekstra. Setiap bulan memiliki nama sendiri. Setiap hari suci menggunakan matahari.
The Tun-UC adalah kalender bulan. Menggunakan siklus 28 hari itu mencerminkan siklus bulan perempuan. Siklus bulan dipecah menjadi 4 siklus yang lebih kecil, dari 7 setiap hari. Ini siklus yang lebih kecil adalah empat fase siklus bulan.
The Tzolk’in adalah kalender Kudus dari Maya dan didasarkan pada siklus Pleiadies. Siklus dari Pleiadies menggunakan 26.000 tahun, tetapi tercermin dalam kalender menggunakan 260 hari. Ia menggunakan nomor sakral 13 dan 20. Ke-13 merupakan angka dan 20 mewakili matahari. The Tzolk’in memiliki empat siklus kecil yang disebut musim masing-masing 65 hari dijaga oleh empat matahari dari Chicchan, Oc, Pria dan Ahau. Ada juga hari Portal dalam Tzolkin yang menciptakan pola heliks ganda menggunakan 52 hari dan matematika 28. Kalender suci ini masih digunakan untuk ramalan oleh Maya tradisional seluruh Yucatan, Guatemala, dan Belize, dan Honduras.
Kalender Tzolkin menyatu dengan siklus matahari 365 hari disebut Haab. Kalender terdiri dari 18 bulan dengan 20 hari (nomor 0-19) dan bulan singkat hanya 5 hari yang disebut Wayeb dan dianggap sebagai waktu berbahaya. Butuh waktu 52 tahun untuk kalender Tzolkin dan Haab untuk bergerak melalui siklus lengkap.
Arkeolog menyatakan bahwa Maya mulai menghitung waktu pada tahun 3114 SM. Ini disebut tahun nol dan disamakan dengan tanggal 1 Januari 1 Masehi. Semua tanggal di Long Count mulai ada, sehingga tanggal awal siklus waktu ini ditulis 0-0-0-0-0. 13 siklus 394 tahun akan berlalu sebelum siklus berikutnya dimulai kebali di tahun 2012. Jadi tahun 2012 dunia akan diperbaharui menurut kalender Maya? Who knows. Ini masih menjadi fakta unik danmisteri kehidupan manusia.



Share To Your Friends

0 comments:

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q:
:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58

Post a Comment

 

Popular Posts

Subscribe Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tukar Link Yuk ?,, Copy/paste code HTML berikut ke blog anda

A.O.L Blog

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info


A.O.L Blog Copyright © 2009. Template created by Nadiar supported by Bey